Apa Kelemahan Utama Anda??

// // 9 comments

Apa kelemahan utama anda?

Setelah pertanyaan terkait kelebihan yang anda miliki saat wawancara kerja, tentunya akan menyusul pertanyaan kelemahan apa yang anda miliki, pertanyaan yang biasanya sulit bagi setiap orang, banyak dan sering sekali orang menanyakan yang menanyakan apa jawaban dari pertanyaan ini saat wawancara kerja. Tips untuk kalian adalah, sekalipun pertanyaan yang diajukan adalah seputar kelemahan, bukan berarti anda harus memberi jawaban yang negatif  tentang kelemahan anda. Ingat pertanyaan tentang kelemahan, bukan tentang hal negatif pada diri anda. Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan kelemahan utama yang anda miliki saat wawancara kerja adalah dengan mempersiapkan daftar catatan kecil yang berisi rangkuman tentang bagian yang sedang anda lamar.


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-5930552650925310"
     data-ad-slot="1798233107"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>


Hindari kelemahan yang bersifat teknis
misalkan anda diundang interview untuk posisi brand marketing staff, selanjutnya  anda harus menguraikan kelebihan yang sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut, misalnya seorang brand marketing sangat membutuhkan kemampuan kerja sama tim yang sangat kuat, sehingga faktor komunikasi antar sesama tim sangat dibutuhkan , selain itu juga dibutuhkan kemampuan kreatif dan senang melakukan event-event misalnya mempersiapkan kampanye produk pada sebuah event pameran, yang artinya anda harus berada di dalam keramaian, aktif memberikan ide-ide kreatif untuk mencapai target program perusahaan. Jika anda sudah memahami, maka kelemahan anda sebisa mungkin bukanlah kelebihan utama yang dibutuhkan untuk posisi yang anda lamar, jika saat wawancara kerja untuk posisi brand marketing, anda mengungkapkan bahwa kelemahan anda adalah bekerja dalam tim, dan tidak terlalu nyaman untuk berada di luar kantor. Maka bisa dipastikan peluang anda akan semakin kecil, dan sangat mungkin anda akan gagal pada saat wawancara kerja.

Keberhasilan anda dalam menangani kelemahan anda
Anda bisa menceritakan,bahwa anda mampu menangani kelemahan anda sendiri. contohnya misalnya anda bisa bercerita pada tempat kerja sebelumya, anda bekerja di bagian kontrol biaya, dan sangat berhubungan denga departemen yang lain, sebenarnya anda tipe orang yang sedikit pemalu jika berhubungan dengan pihak lain. Dengan posisi sebagai staf kontrol biaya tentunya anda harus sering berhubungan dengan pihak lain, agar efisisensi dan efektifitas perusahaan dapat tercapai. seiring berjalannya waktu anda terus berusaha memaksakan diri untuk bisa memberi komunikasi yang baik pada divisi terkait, sekalipun terkadang anda harus sedikit tegas, dan anda berhasil mengubah kelemahan tadi.

Contoh Jawaban:

Saya memiliki kelemahan untuk menolak permintaan orang lain, terkadang saya merasa itu sangat membebankan saya, misalnya saat sesorang meminta bantuan saya, sedangkan saya dalam keadaan yang tidak bisa, tetapi saya suka tidak enak hati untuk menolak, tapi saya rasa saya telah belajar agar kelemahan ini tidak menghambat kinerja saya.


Saya terbiasa memastikan sesuatunya dengan detil, terkadang proses itu memakan waktu sedikit lebih lama dari seharusnya, walaupun saya tahu saya harus belajar agar bisa lebih menyelesaikan pekerjaan di awal dan lebih cepat lagi, sehingga saya bisa punya banyak waktu untuk mengecek dan memastikan bahwa segala sesuatunya telah sesuai dengan benar.

Pada saat kuliah saya memiliki masalah terhadap nilai yang kurang baik dalam mata kuliah perpajakan selama dua semester, oleh karena itu saat lulus saya mencoba mengambil program brevet, dan sekarang saya sangat paham dengan dunia perpajakan, bahkan menyukainya.

Pada dasarnya saya bukan orang yang multi tasking, saya lebih suka menyelesaikan satu kerjaan dengan baik, baru kemudian melakukan kerjaan yang lain. Tetapi setelah bekerja pada tempat saya sebelumnya saya sering melakukan 3-5 proyek yang jalan secara bersamaan, dengan target yang berbeda-beda, dan saya mampu melaksanakannya dengan baik.

Anda harus ingat sekali lagi, saat pertanyaan mengenai kelemahan apa yang anda miliki saat wawancara kerja, anda harus tetap memberi jawaban yang positif, atau setidaknya anda mempunyai keinginan untuk merubah kelamahan yang anda miliki.



Artikel Menarik Lainnya:



9 comments: Leave Your Comments

  1. artikel yang menarik nih, klu dari pengalaman ane sih ketika ada user yang menanyakan apa kekuranganmu? semua orang pasti memilki kelemahan dan kelebihan masing-masing tinggal bagaimana ia memanfaatkan kelemahan tersebut menjadi lebih efektif. Nah lo bingungkan kira-kira jawabnya apa, so si user akan penasaran kira-kira apa sih kelemahannya yang menghasilkan hal positif

    ReplyDelete
  2. yaps, sangat membantu. aku gabisa jelasin apa kekurangan aku, tapi setelah baca artikel ini membantu banget

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah.. dapet pencerahan..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih. Artikel ini sangat membantu saya yg Akan menghadapi interview besok..

    ReplyDelete