Apakah Anda melihat diri anda sebagai seorang yang sukses? Kenapa?

// // Leave a Comment

Apakah Anda melihat diri anda sebagai seorang yang sukses? Kenapa?

Pertanyaan seperti ini biasanya sering diajukan oleh User/rekturer pada saat wawancara kerja, terkadang juga pertanyaan yang diajukan, “Bagaimana anda melihat diri anda 5 tahun dari sekarang” dan banyak jenis-jenis pertanyaan lain yang sejenis. Tujuan utama pertanyaan tersebut sebenarnya adalah, agar user/rekruter bisa mengetahui lebih mendalam prestasi-prestasi anda dalam bidang yang tidak formal serta melihat bagaimana usaha anda dalam suatu pencapaian, selain itu juga untuk mengetahui visi anda dalam memaknai arti dari kesuksesan itu sendiri.


Cara yang tepat harus anda lakukan saat pertanyaan ini muncul dalam wawancara kerja adalah, anda harus percaya diri mengatakan bahwa anda adalah seorang yang sukses dan mampu sukses di masa mendatang. Pada saat menjawab, pastikan anda menatap langsung mata pewawancara dan menjawab dengan suara yang bulat, penuh keyakinan, menunjukan rasa percaya diri anda.


Beri beberapa contoh tentang kesuksesan yang pernah anda capai, kalau bisa contoh dalam dunia profesional atau kerjaan akan lebih baik. Tetapi jika anda belum memiliki pencapaian dalam dunia profesional, anda bisa menceritakan beberapa pengalaman  dan usaha yang anda lakukan untuk mencapai sesuatu, bagaimana anda tetap bertahan untuk mengahadapi dan mencari jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi. Anda bisa menceritakan pengalaman berorganisasi saat sekolah dulu, kuliah, atau dalam organisasi informal lainnya.


Seperti pertanyaan wawancara kerja yang diajukan, anda juga harus menjelaskan pandangan anda untuk di masa yang akan datang dan bagaimana tahapan anda untuk mencapai kesuksesan tersebut. Persiapkan list tentang usaha dan pencapaian yang pernah anda capai sebelum wawancara kerja berlangsung, baik dalam dunia profesional yang tentunya telah  dicantumkan pada CV, maupun pencapaian informal yang tidak dicantumkan. Ceritakan dengan relevan, bagaimana hal yang pernah anda capai dan usaha yang telah anda lakukan agar itu berhasil, dengan begitu anda dapat membuktikan bahwa anda dapat mencapai prestasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, serta sejalan dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Contoh jawaban:
Saya melihat diri saya sebagai seorang yang sukses dan mampu sukses. Karena saya memiliki kemampuan dalam mengorganisir salesman dari tingkat yang paling bawah. Saya telah membuktikan di tempat kerja sebelumnya saya mampu meningkatkan market share produk perusahaan saya diantara gempuran kompetitor sejenis. Say selalu haus untuk berinovasi, mampu mensupervisi bawahan agar melihat segala hambatan menjadi suatu tantangan, karena selalu ada ruang untuk improvisasi ketika kita memaksa diri kita untuk lebih kreatif lagi.

0 comments:

Poskan Komentar