Ceritakan Tentang Diri Anda

// // 10 comments


Ceritakan tentang diri anda?




Pertanyaan ini pasti dan sering sekali ditanyakan pada awal wawancara kerja, baik saat wawancara kerja HR rekrutmen maupun User. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengenal diri kalian lebih dalam lagi, dalam waktu yang cukup singkat. 

Sebaiknya anda menghindari jawaban yang sangat panjang atau sangat pendek, cukup jelaskan sekilas tentang dasar pendidikan, keluarga, (sekali lagi ingat, anda hanya menjelaskan sekilas poin-poin utama pada tahap ini, tidak perlu mendetail.)

Jawaban:


Hal yang paling mudah  dilakukan adalah, mulailah menceritakan tentang diri anda saat ini, misalnya, Tempat anda lahir, anak ke berapa dari berapa bersaudara (terkadang user mencari syarat ini bagi kebutuhan pribadinya), anda lulusan mana, jurusan apa, dan ceritakan juga aktivitas kegiatan anda saat ini, misalnya saat ini anda masih bekerja di perusahaan A, di divisi apa, atau bagi anda yang fresh graduate.



Bisa juga anda menceritakan kegiatan-kegiatan terkait hobi, passion, akan lebih baik juga jika anda pernah punya kegiatan sebagai relawan dalam suatu kegiatan sosial atau anda tergabung dalam suatu komunitas bisa catur, sastra, sepeda atau apapun. 


Sehingga dapat menunjukan kesan bahwa anda mampu bersosialisasi dan memiliki kemampuan intelijen yang baik, yang tentunya akan sangat User butuhkan dari anda. 


Tetapi harus ingat  usahakan jangan terlalu panjang apalagi bertele-tele dan narsisme yang berlebihan dalam menjelaskan, karena tujuan utama pertanyaan ini adalah ice breaking.


Pewawancara ingin mempunyai gambaran tentang anda dan agar anda pun mulai merasa nyaman dengan proses wawancara kerja yang diadakan.


Sisipkan kemampuan dan pengalaman

Setelah anda menceritakan sekilas tentang kehidupan personal diri kalian, saatnya anda juga harus mention mengenai dunia profesional anda.


misalnya bagian kerja apa yang menjadi passion anda sesungguhnya, contohnya: anda sangat menikmati kerja di sebagai Key account, karena selain dasar pendidikan anda adalah marketing, anda juga pernah magang di beberapa perusahaan ritel, sehingga anda sangat familiar dalam negosiasi seputar promosi produk dan program iklan. 
Anda bisa ganti terkait dengan kualifikasi anda masing-masing

Jawaban yang harus dihindari
Hindari sebisa mungkin tentang SARA dan pandangan politik, walaupun beberapa user masih memilih berdasarkan ketertarikan suku, ras dan agama, tetapi lebih baik untuk menghindarinya, karena anda juga belum mengenal kepribadian dan asal usul User anda saat wawancara kerja.

Artikel Menarik Lainnya:






10 comments: Leave Your Comments

  1. Jadi tak boleh ya membicarakan agama?

    ReplyDelete
  2. Hmm inspiratif dan menarik

    ReplyDelete
  3. makasih sodara.. kebetulan ane mau tes wawancara

    ReplyDelete
  4. sangat berguna gan thanks infonya moga aja kali ini ane ketrima gan

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/informasi-keselamatan-soal-srs-airbag-toyota-fortuner/

    ReplyDelete
  5. Woowww.. very inspire... thanks sda mmbgi tips.

    ReplyDelete
  6. Artikel yang bagus untuk persiapan wawancara kerja pada proses seleksi Lowongan Kerja

    ReplyDelete
  7. Sangat membantu sekali. Trimakasih yahh

    ReplyDelete